Yuk, Kenali Lebih dalam Mengenai Jurusan Akuntansi!

Kalian pasti sudah tidak asing lagi dengan jurusan yang berkaitan erat dengan angka, terutama segala sesuatu yang berhubungan dengan keuangan. Ya, jurusan tersebut adalah akuntansi. Pastinya, kalian sudah tidak asing lagi dengan jurusan akuntansi, bukan?

Jurusan ini dikenal sebagai jurusan kuliah dengan prospek kerja yang cukup luas, lho. Mengapa bisa demikian? Hal ini karena kebutuhan akan lulusan akuntansi sangat dicari di Indonesia. Oleh karena itu, banyak orang yang menjadikan program studi akuntansi sebagai pendidikan impian mereka.

Namun, jangan sampai kalian memilih program studi hanya karena ikut-ikutan, ya. Kalian harus menyesuaikan jurusan yang akan kalian ambil dengan passion yang kalian miliki. Jika memang mempunyai passion dengan hal yang berkaitan dengan angka, maka tidak ada salahnya untuk menekuni program studi akuntansi ini.

Bagi kalian yang ingin mengambil pendidikan akuntansi, ada baiknya untuk mengenal lebih dalam tentang jurusan tersebut, ya. Nah, pada kesempatan kali ini kerjain telah merangkum beberapa informasi tentang jurusan akuntansi, mulai dari definisi, daftar mata kuliah, dan lain-lainnya. Simak terus penjelasan di bawah ini, ya.

Mengenal Jurusan Akuntansi

Jurusan akuntansi adalah salah satu bidang studi yang mempelajari masalah-masalah yang berkaitan dengan pencatatan dan penyusunan laporan keuangan untuk membantu pemangku kepentingan dalam proses pengambilan keputusan. Jurusan ini mempersiapkan mahasiswa untuk menjadi akuntan dengan mengajari mereka prinsip-prinsip akuntansi seperti audit, pelaporan, penganggaran, dan peraturan pajak.

Studi akuntansi meliputi pembelajaran mengenai keuangan, pelaporan keuangan organisasi, dan akuntansi manajemen. Data-data tersebut digunakan untuk mengukur kinerja entitas dan menginformasikan keputusan tentang masa depan dan kendali entitas. Untuk lebih memahami mengenai apa saja yang dipelajari di jurusan akuntansi, kalian bisa menyimak pembahasan berikut ini, ya.

Daftar Mata Kuliah Jurusan Akuntansi

Pasti kalian penasaran mengenai apa saja yang akan dipelajari saat kuliah di jurusan akuntansi. Pada dasarnya, jurusan ini akan mempelajari bagaimana cara menyiapkan laporan keuangan, mengevaluasi laporan keuangan, dan membuat penilaian tentang informasi keuangan. Berikut adalah beberapa materi kuliah jurusan akuntansi secara umum:

  1. Pengantar Akuntansi: materi kuliah ini mencakup pengumpulan, analisis, pencetakan dan penyusunan berbagai laporan keuangan beserta interpretasinya.
  2. Akuntansi Sektor Publik: mata kuliah ini mempelajari tentang pengumpulan, pencatatan, klasifikasi, analisis dan penyusunan laporan keuangan untuk organisasi publik.
  3. Akuntansi Biaya:  materi ini khusus mempelajari pencetakan, mengklasifikasikan, meringkas dan menyajikan jenis biaya produksi dan penjualan produk, serta penasiran hasil.
  4. Akuntansi Anggaran: akuntansi ini bertujuan untuk menggunakan data akuntansi sebagai dasar untuk menyusun anggaran atau rencana keuangan untuk periode yang akan datang.
  5. Akuntansi Pemerintah: materi kuliah ini akan mempelajari mengenai hal-hal yang berhubungan dengan instansi pemerintah.
  6. Sistem Informasi Akuntansi: penetapan pola catatan, mengembangkan prosedur untuk mengumpulkan, merekam, dan menggabungkan data akuntansi akan dipelajari pada mata kuliah ini.
  7. Perpajakan: materi kuliah ini akan mempelajari cara penghitungan pembayaran pajak.
  8. Pengauditan: mata kuliah ini meliputi pemeriksaan akuntansi dari hasil pekerjaan yang telah dilakukan.

Selama 4 tahun masa kuliah, kalian akan ditempa untuk mempelajari banyak hal mengenai laporan keuangan. Mulai dari menyusun laporan keuangan sesuai standar masing-masing perusahaan, menganalisis laporan keuangan, hingga mengevaluasi kelayakan komersial melalui laporan keuangan.

Dari beberapa mata kuliah tersebut, tentunya akan ada tugas yang diberikan untuk mengasah kemampuan yang didapat. Banyaknya tugas yang diterima kadang kala membuat mahasiswa kewalahan untuk mengerjakan.

Namun kalian tidak perlu khawatir, karena saat ini sudah banyak penyedia jasa pembuatan tugas jurusan akuntansi yang akan membantu. Tapi jangan lupa untuk tetap melakukan tanggung jawab menyelesaikan tugas kalian sebisa mungkin.

Setelah menyelesaikan semua mata kuliah, tentunya kalian harus membuat skripsi sebagai syarat kelulusan untuk meraih gelar sarjana akuntansi. Berikut beberapa contoh judul skripsi jurusan akuntansi yang bisa kalian jadikan sebagai referensi.

Contoh Judul Skripsi Akuntansi

  1. Pengaruh CAR, BOPO, NPF dan FDR Terhadap Profitabilitas Bank Syariah (Studi Empiris Bank Umum Syariah Swasta Nasional yang Terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan Periode 2016-2019).
  2. Pengaruh Pendapatan Asli Daerah, Dana Alokasi Umum Dan Dana Alokasi Khusus Terhadap Belanja Modal (Studi Empiris pada Pemerintah Kabupaten dan Kota Provinsi Jawa Tengah Tahun 2016-2018).
  3. Pengaruh Kompensasi Bonus, Kepemilikan Manajerial, Diversifikasi Perusahaan, Ukuran KAP, dan Financial Stability Terhadap Manajemen Laba (Studi Empiris Pada Perusahaan Pertambangan Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2019).
  4. Pengaruh Profitability, Leverage, Firm Size, Dan Capital Expenditure Terhadap Cash Holding (Studi Empiris Pada Perusahaan Consumer Goods yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2017-2020).
  5. Penerapan Green Accounting Terhadap Kinerja Lingkungan (Studi Kasus Pada Perusahaan Sektor Pertambangan Dan Energi Yang Listing Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2020).
  6. Pengaruh Leverage, Ukuran Perusahaan, dan Beban Pajak Tangguhan Terhadap Praktik Manajemen Laba (Studi Empiris Pada Perusahaan dalam Indeks LQ45 Periode 2016-2020).
  7. Factors Affecting Audit Opinion Going Concern.
  8. Analisis Pengaruh Tingkat Pengangguran Dan Belanja Fungsi Ekonomi Terhadap Indeks Pembangunan Manusia Dengan Pertumbuhan Ekonomi Sebagai Variabel Mediating Pada Kabupaten Atau Kota Se-Jawa ( Periode 2018-2019 ).
  9. Analisis Financial Distress Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Sebelum Dan Sesudah Pandemi Covid-19.
  10. Pengaruh Self-Efficacy dan Konflik Peran Terhadap Kinerja Auditor dengan Kecerdasan Emosional Sebagai Variabel Moderasi (Studi Empiris Pada Kantor Akuntan Publik di Surakarta dan Yogyakarta).

Itulah beberapa contoh judul skripsi akuntansi yang bisa kalian jadikan referensi untuk menyelesaikan tugas akhir. Namun, bagi kalian yang baru lulus dari sekolah menengah dan bingung mencari kampus jurusan akuntansi yang berkualitas, bisa menyimak daftar kampus jurusan akuntansi terbaik di Indonesia berikut ini, ya.

Daftar Kampus Jurusan Akuntansi

1. Universitas Indonesia (UI)

UI merupakan salah satu universitas paling terkenal di Indonesia. Peminat kampus UI selalu banyak setiap tahunnya dan salah satu program studi yang paling diminati adalah Akuntansi. UI berhasil menempati posisi teratas sebagai sekolah dengan akuntansi terbaik di Indonesia versi THE WUR 2022. Sedangkan peringkat globalnya berkisar 801-1000.

2. Institut Teknologi Bandung (ITB)

Universitas selanjutnya yang juga cukup prestisius dan bereputasi tinggi adalah ITB atau Institut Teknologi Bandung. Jurusan akuntansi ini berada di ITB Ahmad Dahlan dan menduduki peringkat kedua sebagai sekolah dengan jurusan akuntansi terbaik di Indonesia. Sedangkan untuk peringkat dunia berada di posisi 1001-1200. Total skor THE WUR 2022 untuk Akuntan ITB adalah 22,2 dari 27,1, skor yang tidak jauh berbeda dengan Akuntan di UI.

3. Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

Meski UPI (Universitas Pendidikan Indonesia) terkenal dengan program penelitian pendidikannya yang berkualitas, ternyata kampus ini juga memiliki jurusan akuntansi, lho. Bahkan, jurusan tersebut menduduki peringkat ketiga sebagai jurusan akuntansi terbaik se-Indonesia. Jurusan akuntansi di UPI berada di Fakultas Pendidikan Ekonomi dan Bisnis (FPEB). Skor keseluruhan yang diraih UPI sama dengan ITB, yakni 22,2 hingga 27,1.

4. Universitas Airlangga (UNAIR)

Universitas Airlangga atau UNAIR menduduki peringkat keempat sebagai jurusan akuntansi terbaik di tanah air. Sedangkan rating internasionalnya adalah 1201+. Skor keseluruhan yang diperoleh akuntan UNAIR adalah 10,6 hingga 22,3. Selain akuntansi, masih banyak jurusan lain yang berperingkat tinggi di THE WUR.

5. BINUS University

Selain perguruan tinggi negeri, ada juga perguruan tinggi swasta dengan jurusan akuntansi terbaik di Indonesia. Kampus tersebut adalah BINUS University yang berada di urutan kelima menurut THE WUR dengan skor keseluruhan 10,6 hingga 22,3.

Skor keseluruhan yang diperoleh BINUS University sama dengan UNAIR, namun pemeringkatannya berbeda karena beberapa indikator lain. Misalnya, untuk indeks pendidikan, BINUS mendapat skor 17,7 poin, sedangkan UNAIR mendapat skor 21,5 poin.

6. Universitas Brawijaya

Di urutan keenam adalah Universitas Brawijaya yang terletak di Malang. Universitas ini termasuk salah satu yang paling diminati, terutama dalam seleksi SBMPTN dan SNMPTN. Ternyata Universitas Brawijaya juga menyediakan program studi akuntansi yang masuk dalam 6 besar versi THE WUR. Total skor yang diperoleh adalah dari 10,6 hingga 22,3, sama dengan BINUS dan UNAIR.

Nah, itulah penjelasan seputar jurusan akuntansi. Perlu kalian ketahui bahwa peminat jurusan akuntansi ini sangat banyak, lho. Untuk itu persiapkan diri kalian dengan baik agar bisa bersaing dengan ribuan calon mahasiswa lain, ya.

Apabila kalian membutuhkan informasi jurusan selain akuntansi, bisa mengunjungi halaman Kerjain atau langsung follow instagram kami. Tugas Kerjain.

Kuliah Jurusan Hukum? Apa Saja Yang Harus Di Pelajari

Sejak zaman dahulu, Jurusan hukum menjadi salah satu cita-cita mereka yang mendambakan pendidikan tinggi. Jumlah pemiliki meningkat setiap tahun, apakah Anda salah satunya? Nah, jika Anda pernah melihat seorang pengacara di TV, pekerjaan ini hanyalah beberapa dari karir yang ditawarkan oleh para profesional hukum. Banyak orang berpikir bahwa mengambil jurusan hukum akhirnya nantinya akan menjadi pengacara atau notaris. Memang secara garis besar profesi hukum itulah yang sering berhubungan langsung dengan masyarakat.

Di prodi hukum, mahasiswa juga terbiasa dengan undang-undang, termasuk hak-hak dasar (Konstitusi, hukum perdata, hukum dagang, hukum tata negara, hukum pidana, hukum tata pidana) dan hukum internasional sampai batas tertentu.  Hal ini menimbulkan berbagai asumsi yang dimiliki oleh mahasiswa hukum. Tentu hal ini akan membuat kalian ingin kuliah di fakultas hukum sedikit kebingungan. Sebelum Anda memutuskan berhenti, sebaiknya Anda membiasakan diri terlebih dahulu dengan pilihan konsentrasi di departemen hukum.

Apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut  mengenai jurusan hukum, Kerjain sudah merangkum beberapa informasi yang mencangkup apa saja yang harus dipelajari di jurusan hukum, Kenapa harus memilih jurusan hukum, Prospek pekerjaan jurusan hukum, jurusan hukum ada di universitas mana saja. Anda bisa simak penjelasan di bawah ini.

Deskripsi jurusan hukum

Jurusan Hukum merupakan studi yang mengkaji berbagai sistem hukum yang berkaitan dengan kehidupan masyarakat. Di sekolah hukum, siswa juga terbiasa dengan undang-undang, termasuk hak-hak dasar (hukum konstitusional, hukum perdata, hukum dagang, hukum konstitusional, hukum pidana, hukum pidana) dan hukum internasional sampai batas tertentu. Di akhir studinya, mahasiswa mata kuliah ini harus menerapkan ilmu yang diperolehnya selama kuliah, biasanya saat magang di berbagai firma hukum, lembaga peradilan dan juga di kejaksaan.

Mahasiswa yang menyelesaikan pendidikan di jurusan ini diharapkan memiliki pengetahuan hukum dan sistem hukum Indonesia yang baik, memiliki keterampilan dan pengetahuan akademik untuk lebih mengembangkan hukum, peka terhadap masalah hukum dan sosial, dan mengidentifikasi diri  dan dapat menganalisis hukum penting dan tahu bagaimana menerapkan hukum dan peraturan perundang-undangan untuk menyelesaikan masalah hukum.

Kenapa Harus Memilih Jurusan Hukum?

Sangat banyak keuntungan yang diperoleh dari seorang lulusan jurusan hukum, Berikut adalah keuntungannya.

  • Setelah lulus dari jurusan hukum, Anda akan menjadi orang yang kritis, tanpa basa-basi dengan keterampilan analitis yang mendalam.
  • Peluang karir bagi lulusan hukum terbuka, karena hampir semua otoritas dan perusahaan membutuhkan ahli hukum. Karena itu, Anda tidak perlu khawatir tentang apa yang harus dilakukan setelah lulus.
  • Sebagai sarjana hukum, Anda juga memiliki kesempatan untuk berpartisipasi dalam studi hukum dan peraturan.
  • Kalau Anda mau jadi bos bisa banget buka kantor pribadi, apalahi kalau bukan firma hukum atau notaris dan PPAT. Menciptakan lapangan kerja pada saat yang sama.
  • Kesempatan untuk melanjutkan studi ke pascasarjana sangat besar.

Sebelum mengambil jurusan hukum alangkah baiknya kita mengetahui keuntungan mengambil jurusan hukum dan apa yang harus di pelajari di jurursan hukum. Berikut adalah yang harus dipelajari di jurusan hukum.

Apa yang harus dipelajari dijurusan hukum

  • Hukum perdata

Hukum perdata menjadi salah satu konsentrasi pilihan bagi mahasiswa hukum karena konsentrasi hukum perdata mengatur tentang hak dan kepentingan individu, yang dapat diterapkan dimana saja. Jika Anda ingin menjadi notaris atau pengacara, ini adalah pilihan yang sangat cocok. Konsentrasi hukum perdata ini memungkinkan Anda untuk belajar tentang hukum yang mengikat kontrak. Dari konsentrasi ini Anda akan menemukan beberapa topik dalam pembangunan, seperti hukum keluarga dan warisan, hukum matrimonial, litigasi, hukum perdata komparatif dan hukum adat.

  • Hukum Ekonomi

Seperti namanya, konsentrasi ini lebih terkait dengan perilaku manusia dalam bisnis sehari-hari. Secara umum, hukum dagang lebih sering disebut sebagai hukum ekonomi. Di sini Anda tidak hanya akan mengenal aspek hukum, tetapi Anda juga bisa belajar menjadi pengacara perusahaan. Beberapa mata kuliah yang dipelajari antara lain hukum dagang, hukum korporasi, hukum sekuritas, hukum perdagangan internasional dan hukum investasi.

  • Hukum dan Teknologi

Skala perkembangan teknologi saat ini, khususnya di media sosial, menunjukkan interaksi secara umum. Namun, tidak semua hal positif ditampilkan, tetapi pemilik prihatin dengan komentar kebencian. Oleh karena itu, harus ada perlindungan hukum terhadap teknologi, yang dapat mencakup media, informasi dan telekomunikasi, serta hak kekayaan intelektual (HAKI).

  • Hukum Lingkungan dan Tata Ruang

Masalah properti dan sengketa properti dapat ditemukan dibidang utama hukum lingkungan dan perencanaan daerah. Tidak hanya itu, disini Anda bisa mengetahui lebih banyak tentang perlindungan lingkungan. Karena fokus ini mencangkup sumber daya yang terkandung di dalamnya. Nah, disini Anda bisa belajar mata kuliah hukum dan perencanaan wilayah, hukum perijinan, hukum keuangan negara, kapita selekta hukum lingkungan dan hukum lingkungan internasional.

  • Hukum Internasional

Untuk konsentrasi hukum bisa dikatakan cukup baru, namun jangan salah, konsentrasi hukum ini memiliki banyak peminat. Pengaruh globalisasi dan kurangnya dimensi hukum menjadi fokus hukum internasional. Hukum internasional, sering dikaitkan dengan hubungan internasional, berfokus pada aspek hukum pembelajaran. Beberapa studi Anda meliputi hukum organisasi internasional, hukum kontrak internasional, hukum udara dan ruang angkasa studi kasus hukum internasional dan hukum laut internasional.

  • Hukum pidana

Dalam konsentrasi hukum, hal ini sangat sering dikaitkan dengan penindakan keras dalam arti sanksi hukum. Hukum pidana mempelajari batang tubuh ketentuan yang menentukan perbuatan mana yang dilarang dan merupakan tindak pidana. Hukum pidana sama dengan analisis pasal-pasal hukum pidana, banyak sekali. Beberapa mata pelajaran yang akan Anda pelajari meliputi kriminologi, hukum pidana internasional, hukum pidana komparatif, hukum pidana dan yurisprudensi dan hak asasi manusia.

  • Hukum Tata Negara

Seperti namanya, konsentrasi hukum tata negara adalah hukum negara, yang memiliki aspek statis atau utama dari undang-undang itu sendiri. Di sini Anda akan mengenal lembaga-lembaga negara, mulai dari konstitusi hingga undang-undang. Tentunya terbagi dalam beberapa mata kuliah, seperti hukum acara di mahkamah konstitusi, hukum kewarganegaraan dan keimigrasian. Selain itu, Anda akan belajar mengenai kapita selekta hukum tata negara, hukum konstitusi dan perbandingan hukum tata negara.

  • Hukum Administrasi Negara

Hukum administrasi negara memungkinkan Anda untuk belajar tentang aspek dinamis dan populis dari peraturan pemerintah, seperti pembangunan dan aparatur negara. Melalui berbagai topik, antara lain hukum administrasi negara wilayah, hukum perijinan, hukum keuangan negara. Selain itu, ada undang-undang perencanaan dan pengendalian pembangunan dan undang-undang kepegawaian.

  • Hukum Acara (Peradilan)

Hukum acara berkaitan erat dengan hukum perdata dan hukum pidana. Itu hanya lebih fokus pada proses yang berlangsung di pengadilan, seperti pengecara, bukti, kehadiran dan persyaratan sanksi. Di sini Anda akan belajar tentang teknik penyelesaian kasus, hukum komparatif, hukum acara selektif, praktik negosiasi dan mediasi, dan prinsip etika pengacara.

  • Hukum dan perkembangan masyarakat

Peraturan perundang-undangan dan pembinaan masyarakat lebih menitikberatkan pada kehidupan masyarakat dari zaman ke zaman. Dalam kursus Anda akan berurusan dengan sistem hukum nasional, sejarah hukum, antropologi hukum, interpretasi hukum, dan penemuan hukum.

Itulah 10 materi yang harus di pelajari jurusan hukum, Anda juga harus mengetahui prospek kerja di dijurusan hukum. Agar Anda tidak salah mengambil jurusan.

Prospek Kerja Jurusan Hukum

Lulusan jurusan hukum kerja apa saja? Tak perlu bingung, karena peluang karir yang menanti lulusan universitas ini sangat beragam. Namun, beberapa pilihan karir memerlukan studi lebih lanjut setelah gelar sarjana. Misalnya, jika Anda ingin menjadi pengacara, Anda harus menyelesaikan pendidikan khusu profesi advokat. Jika Anda ingin menjadi notaris maka harus menempuh S2 kenotarian.

Namun bukan berarti mereka yang lulusan sarjana atau S1 ilmu hukum tidak bisa langsung mendapatkan pekerjaan, karena Anda memiliki beberapa pilihan karir untuk dikejar seperti: staf hukum di suatu perusahaan, posisi sebagai HR atau manajer sumber daya manusia, management trainee, ke bagian keuangan perusahaan. Jurusan juga dapat bekerja sebagai jaksa atau hakim di lembaga peradilan.

Jurusan hukum ada di universitas mana saja?

Untuk jurusan hukum, Berikut adalah beberapa universitas bidang hukum yang terbaik di Indonesia:

  • Universitas Indonesia (UI)
  • Universitas Gadjah Mada (UGM)
  • Binus University
  • Universitas Brawijaya (UB)
  • Universitas Airlangga (Unair)
  • Universitas padjadjaean (unpad)
  • Universitas Negeri Surabaya (Unesa)
  • Universitas Diponegoro (Undip)
  • Universitas Sebelas Maret (UNS)
  • Universitas Sumatera Utara (USU)

Demikian pembahasan mengenai jurusan hukum. Apabila Anda tertarik dengan jurusan hukum Anda bisa mempelajari ilmu hukum. Bagi Anda yang membutuhkan informasi lebih lanjut Anda bisa mengunjungi akun media sosial tugas kerjain.

Jurusan Manajemen, Jurusan Soshum yang Paling Diminati

Sebentar lagi sudah memasuki tahun ajaran baru semester genap. Bagi kalian yang sedang duduk di kelas 12 SMA atau SMK, harus mulai melakukan riset untuk jenjang pendidikan selanjutnya. Bagi kalian yang saat SMA berada di jurusan sosial, dianjurkan memilih jurusan soshum saat akan berkuliah.

Mengapa SMA jurusan sosial harus memilih jurusan soshum saat kuliah nanti? Karena akan lebih mudah untuk mempelajari sesuatu yang relevan dengan pendidikan sebelumnya. Ada banyak jurusan soshum yang menarik. Salah satunya adalah jurusan manajemen.

Jurusan manajemen adalah jurusan soshum paling diminati hingga saat ini. Apa yang dipelajari di jurusan manajemen adalah mempelajari ilmu pengelolaan bisnis. Mulai dari pengembangan strategi, pembuatan rencana, prosedur dalam bisnis, marketing, perekrutan sumber daya manusia, hingga keuangan. Tidak hanya itu, kalian juga akan dikenalkan dengan ilmu pengantar teknologi informasi karena saat ini sudah banyak penggunaan teknologi informasi dalam proses bisnis.

Jurusan ini mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan kegiatan sehari-hari dan sangat dibutuhkan di masa depan. Akan sangat bermanfaat bila kalian menerapkan semua ilmu yang kalian dapatkan ke kehidupan sehari-hari. Misalnya, kalian mendapatkan ilmu tentang manajemen keuangan. Nah, kalian bisa menerapkannya untuk mengelola keuangan sendiri agar lebih terkontrol!

Bagi kalian yang ingin mengetahui lebih lanjut mengenai jurusan manajemen di Indonesia, Kerjain sudah merangkumnya secara rinci! Berikut penjelasan mengenai pengertian jurusan manajemen, mata kuliah jurusan manajemen dan peluang kerja manajemen.

Pengertian Manajemen

Sebelum membahas mengenai jurusan manajemen lebih jelas, mari kita bahas mengenai pengertian manajemen terlebih dahulu. Secara umum, manajemen adalah proses di mana seseorang dapat mengkoordinasikan segala sesuatu yang dikerjakan oleh individu atau kelompok. Manajemen perlu diterapkan untuk mencapai target individu atau kelompok secara kooperatif dengan memaksimalkan sumber daya yang tersedia.

Berdasarkan penjelasan tersebut, ilmu manajemen adalah kemampuan mengatur sesuatu agar target yang ingin dicapai terpenuhi. Sedangkan, berdasarkan etimologinya, berdasarkan Bahasa Prancis kuno, manajemen adalah seni mengatur dan melaksanakan. Di sisi lain, beberapa ahli memiliki pendapatnya masing-masing mengenai definisi manajemen. Berikut pengertian manajemen menurut para ahli.

Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli

Para ahli memiliki anggapan yang berbeda-beda mengenai ilmu manajemen. Berikut beberapa pengertian manajemen menurut para ahli.

1.       Mary Parker Follet

Menurut Mary Parker Follet, manajemen adalah seni menyelesaikan tugas melalui perantara. Manajemen dapat diartikan sebagai kegiatan yang dilakukan oleh manajer untuk mengarahkan bawahan atau orang lain dalam menyelesaikan pekerjaan agar tujuan dapat tercapai.

2.       George Robert Terry

Pengertian manajemen selanjutnya menurut George Robert Terry adalah proses khusus dari beberapa tindakan, seperti perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengawasan. Tindakan tersebut dilakukan untuk mencapai target dengan memanfaatkan semua sumber daya yang tersedia.

3.       Ricky W. Griffin

Di sisi lain, Ricky W. Griffin berpendapat bahwa manajemen adalah proses perencanaan, organisasi, koordinasi, dan kontrol terhadap sumber daya agar dapat mencapai tujuan secara efektif dan efisien. Efektif yang dimaksud adalah tujuan tercapai sesuai rencana. Sedangkan efisien yang dimaksud adalah manajemen yang dilakukan cermat, terorganisir, dan tepat waktu.

4.       Lawrence A. Appley

Berbeda dengan pendapat ahli lainnya, Lawrence A. Appley berpendapat bahwa manajemen adalah keahlian untuk membangkitkan orang lain agar bersedia melakukan sesuatu.

5.       Hilman

Terakhir, Hilman mengatakan bahwa manajemen merupakan fungsi untuk mencapai target melalui perantara dan pengawasan. Dengan melakukan hal ini, maka tujuan dapat tercapai bersama.

Berdasarkan pendapat beberapa ahli di atas, dapat disimpulkan bahwa ini dari pengertian manajemen adalah usaha yang dilakukan untuk mencapai tujuan dengan mengelola dan mengawasi sumber daya yang ada.

Sehingga, dapat dihubungkan dengan pengertian jurusan manajemen. Jurusan manajemen adalah jurusan yang mempelajari pengelolaan bisnis dengan pengembangan strategi, pembuatan rencana, prosedur, hingga keuangan. Jurusan manajemen terdiri dari beberapa konsentrasi. Konsentrasi ini dibentuk agar penyampaian fokus lebih rinci dan mendalam. Berikut 4 konsentrasi manajemen yang harus kalian tahu.

Konsentrasi Manajemen

Jurusan manajemen terdiri dari beberapa konsentrasi. Adanya konsentrasi ini bertujuan untuk memfokuskan materi yang disampaikan. Berikut beberapa konsentrasi manajemen yang ada.

1.       Manajemen Pemasaran

Di konsentrasi manajemen pemasaran, kalian akan belajar tentang peluang pasar dan teknik marketing untuk perusahaan dengan mempertimbangkan produk, harga, lokasi, dan iklan. Artinya, manajemen pemasaran akan berfokus pada strategi untuk memenangkan persaingan bisnis.

2.       Manajemen Keuangan

Manajemen keuangan mempelajari tentang pengelolaan finansial perusahaan dan penilaian keuangan perusahaan. Hal yang dipelajari di manajemen keuangan antara lain, penggalian, pemanfaatan, hingga pengontrolan dana. Kalian akan mempelajari strategi terbaik dalam rangka mengoptimalkan keuangan perusahaan.

3.       Manajemen SDM

Manajemen SDM lebih berfokus untuk memahami karyawan sebagai asset perusahaan. Hal yang dipelajari dalam manajemen sumber daya manusia adalah tentang perilaku karyawan dan teknik untuk meningkatkan produktivitas dan kinerja. Konsentrasi ini cocok untuk kalian yang tertarik dengan priko-ilmiah untuk bisnis.

4.       Manajemen Operasional

Terakhir, manajemen operasional berfokus pada kualitas produk serta pembuatan dan pengiriman produk. Dalam perkuliahan manajemen operasional, kalian akan mempelajari proses operasi yang efektif dan efisien.

Dari keempat konsentrasi di atas, pilihlah konsentrasi yang sesuai dengan minat kalian. Masing-masing konsentrasi sangat dibutuhkan untuk perusahaan. Tentu saja untuk menerapkan manajemen yang bagus di perusahaan nantinya, kalian akan menerima mata kuliah yang mendukung. Berikut mata kuliah jurusan manajemen.

Mata Kuliah Jurusan Manajemen

Apa saja yang dipelajari di jurusan manajemen? Matkul jurusan manajemen tentunya akan membahas mengenai bidang ekonomi, bisnis, sumber daya manusia, dan perusahaan. Namun, bisa saja kurikulum antara satu universitas dengan universitas yang lain berbeda. Berikut beberapa mata kuliah program studi S1 Manajemen yang akan kalian pelajari.

  • Pengantar bisnis
  • Statistika bisnis
  • Perilaku organisasi
  • Pengantar akuntansi
  • Komunikasi dan negosiasi bisnis
  • Etika bisnis
  • Pemodelan bisnis
  • Manajemen keuangan
  • Metode penelitian bisnis
  • Manajemen sumber daya manusia

Setiap matkul nantinya akan diberikan tugas untuk mengasah kemampuan dan pengetahuan yang didapat. Banyaknya tugas yang diterima kadang kala membuat mahasiswa kewalahan untuk mengerjakan. Namun, saat ini sudah banyak penyedia jasa pembuatan tugas jurusan manajemen yang akan membantu. Tapi jangan lupa untuk tetap melakukan tanggung jawab menyelesaikan tugas kalian sebisa mungkin.

Universitas dengan Jurusan Manajemen Terbaik di Indonesia

Bagi kalian yang ingin berkuliah di jurusan manajemen, ada baiknya memilih universitas terbaik untuk pengalaman belajar yang maksimal. Berdasarkan data LTMPT, ada 5 universitas negeri yang memiliki jumlah peminat jurusan manajemen terbanyak. Kelima PTN tersebut adalah UGM, UNS, UNPAD, UI, dan Sekolah Bisnis & Manajemen ITB.

Jumlah peserta yang memilih jurusan manajemen melalui jalur UTBK mencapai 3 ribu orang per tahunnya. Sedangkan daya tampung program studi manajemen hanya 30 sampai 80 mahasiswa setiap angkatan.

Persaingan untuk lolos sangat ketat, namun jangan khawatir, masih ada universitas swasta dengan jurusan manajemen terbaik di Indonesia.

  1. Binus University
  2. Telkom University
  3. Universitas Prasetiya Mulya
  4. LSPR Business and Communication Institue
  5. Universitas Trisakti
  6. Universitas Tarumanegara
  7. Universitas Atma Jaya

Kualitas antara universitas negeri dan swasta bisa dibilang setara. Namun untuk biaya kuliah, tentu perguruan tinggi swasta lebih mahal dibandingkan perguruan tinggi negara. Sebelum memilih universitas, pastikan diskusikan terlebih dahulu dengan orang tua terlebih dahulu, ya!

Saat sudah menjalani perkuliahan, di masa akhir perkuliahan, kalian akan diminta untuk mengerjakan skripsi untuk mendapatkan gelar sarjana. Banyak yang berpendapat bahwa mengerjakan skripsi cukup sulit dan memakan waktu, apalagi bila mendapatkan dosen pembimbing yang kurang kooperatif atau sumber referensi yang sedikit. Berikut ini adalah contoh judul skripsi yang bisa kalian gunakan menjadi inspirasi.

Contoh Judul Skripsi Jurusan Manajemen

Menentukan judul menjadi bagian yang paling penting untuk memulai sebuah skripsi. Berikut ini 10 contoh judul skripsi untuk memudahkan pengerjaan skripsimu!

  1. Percepatan dan Perluasan Implementasi Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah Provinsi Sumatera Utara (Studi Kasus Pada Pemerintah Daerah Wilayah Kerja Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Utara) 
  2. Analisis Komparatif Kinerja Keuangan dan Tata Kelola Bank dengan Metode RGEC Pada Perbankan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Perbankan Badan Usaha Swasta Nasional (BUSN) yang Terdaftar di BEI Periode 2015-2020 
  3. Pengaruh Lingkungan Kerja, Disiplin Kerja, dan Kepemimpinan terhadap Kinerja Karyawan PT Perkebunan Nusantara V Tanah Putih 
  4. AFFECT OF SERVICE: MUTU KINERJA PUSTAKAWAN DALAM PELAYANAN JASA DI PERPUSTAKAAN
  5. ADA ETIKA BUKAN CUMA LOGIKA (Analisis Budaya Organisasi Pustakawan Perpustakaan Pusat Universitas Gadjah Mada, Indonesia)
  6. AKTIVITAS PUSTAKAWAN PERPUSTAKAAN PERGURUAN TINGGI
  7. Analisis Kebutuhan Pelatihan Bagi Pekerja Penyandang Tuna Daksa di Tiara Handycraft Surabaya
  8. Analisis Kelayakan Usaha Hidroponik Stroberi Harvest Queen Kota Batu.
  9. Analisis Paritas Daya Beli Kurs Rupiah terhadap Dolar Amerika Serikat Periode September 1997-Desember 2007 dengan Menggunakan Metode Error Correction: Model
  10. Analisis Pengelolaan Program Kelas Alfamart dalam Membentuk Kesiapan Kerja Peserta Didik Kelas XII Pemasaran 3 (Alfamart) di SMKN 1 Boyolangu Tulungagung

Setelah menyelesaikan skripsi dan mendapatkan gelar sarjana, kalian akan memasuki tahap selanjutnya, yaitu mencari pekerjaan. Lulusan jurusan ini sangat dibutuhkan di masa depan sehingga memiliki peluang yang besar dalam mencari kerja. Berikut prospek kerja jurusan manajemen yang harus kalian tahu!

Prospek Kerja Jurusan Manajemen

1. Akuntan

Prospek kerja pertama adalah menjadi akuntan. Pekerjaan ini cocok untuk kalian yang menyukai angka atau memilih konsentrasi manajemen keuangan. Akuntan dibutuhkan oleh berbagai perusahaan, baik bisnis besar atau kecil.

2. Marketer

Apabila kalian memilih konsentrasi manajemen pemasaran, kalian akan mempelajari dunia marketing. Maka prospek kerja yang cocok adalah menjadi marketer. Dalam profesi ini, kalian bertugas untuk memasarkan produk, mengatur iklan, hingga menentukan target pasar.

3. Konsultan Bisnis

Prospek kerja lulusan manajemen selanjutnya adalah sebagai konsultan bisnis. Sebagai konsultan bisnis, kalian akan mengerjakan tugas seperti membantu menilai kebutuhan pemasaran, membantu mengembangkan strategi marketing, mengembangkan rencana bisnis baik jangka pendek maupun panjang

4. Staf HRD

Seorang lulusan manajemen bisa menjadi staf HRD. Staf HRD berfokus pada menjaga hubungan karyawan, memberikan pelatihan, dan penggajian.

5. Staf Operasional

Apabila kalian memilih konsentrasi manajemen operasional, maka akan berpeluang untuk menjadi staf operasional. Sebagai staf operasional, maka bertugas untuk memastikan faktor produksi tidak terbuang percuma.

Itulah sedikit prospek kerja jurusan manajemen. Untuk mendapatkan pekerjaan yang sesuai keinginan, ada baiknya kalian melakukan perencanaan studi terlebih dahulu agar bisa sesuai target.

Nah, itulah penjelasan mengenai jurusan manajemen secara mendetail. Apabila kalian tertarik untuk melanjutkan studi ke jurusan manajemen, mulailah untuk berlatih lebih keras dan siapkan strategi karena peminat jurusan ini sangat banyak.

Masih banyak jurusan lainnya yang menarik untuk dipelajari. Bagi kalian yang membutuhkan informasi mengenai jurusan lain, kalian bisa mengunjungi halaman Jurusan Kerjain

Kalian juga bisa follow Instagram kami di @tugaskerjain.