Ingin Ambil Jurusan Administrasi Negara? Simak Artikel Ini!

Apakah Anda sering mendengar tentang  jurusan Administrasi Negara? Jurusan Ilmu Administrasi merupakan salah satu jurusan yang juga memiliki banyak peminat. Namun, departemen ini sendiri terbagi menjadi beberapa bidang, seperti administrasi negara, administrasi pajak, dan administrasi bisnis.

Oleh karena itu, kali ini kami akan memperkenalkan beberapa aspek penting dari departemen tata negara yang perlu kamu ketahui tentang sobat Bima. Dimulai dengan pengenalan jurusan, jurusan, dunia perkuliahan tempat Anda tinggal, peluang karir dan juga universitas terbaik yang bisa dipilih. Untuk data perguruan tinggi, kami melihat data kelulusan nilai dan menjelaskan rata-rata nilai ujian perguruan tinggi untuk setiap universitas di departemen tersebut.

Pengertian Jurusan Ilmu Administrasi Negara

Jurusan Administrasi Negara juga dikenal sebagai jurusan Ilmu  Administrasi Negara atau Ilmu Hukum Administrasi Negara. Pada dasarnya, dalam administrasi Negara Anda belajar bagaimana mengelola negara, sistem administrasi, perencanaan pembangunan daerah, pelayanan publik masyarakat, tata kelola pemerintahan yang baik, birokrasi dan segala sesuatu yang ada di dalam negara.

Kuliah di Jurusan Administrasi publik mengharuskan kita juga mempelajari hukum dan politik. Asalkan kalian ketahui keduanya berhubungan dengan bagaimana kebijakan publik dibuat, diimplementasikan dan dievaluasi. Jika Anda mengejar gelar sarjana dalam administrasi publik, Anda harus mahir dalam konsep manajemen sektor publik, teori organisasi, kepentingan publik, dan pemecahan masalah Administrasi Negara.

Pengetahuan yang diberikan di Jurusan Administrasi Negara membutuhkan pendekatan multidisiplin, mulai dari manajemen, administrasi, manajemen dan bahkan statistik.

Mata Kuliah Administrasi Negara

Mahasiswa harus menyelesaikan beberapa mata kuliah Administrasi Negara. Setiap kuliah memiliki tujuan masing-masing untuk kepentingan mahasiswa itu sendiri. Sebelum mengambil jurusan Administrasi Administrasi Negara alangkah baiknya mengetahui mata kuliah yang akan di pelajari. Setiap jurusan memiliki mata kuliah yang berbeda. Tentu saja, mata kuliah yang ditawarkan bergantung pada jenis keahlian atau mata kuliah yang Anda pelajari. Berikut adalah 10 mata kuliah Administrasi Negara Yang perlu Anda ketahui

  • Pengantar Ilmu hukum

Di jurusan Administrasi Negara, Anda harus belajar hukum. Ada banyak kursus pengantar hukum yang tersedia untuk membantu Anda mempelajari lebih lanjut tentang pengetahuan yang berlaku di Indonesia

  • Sistem Politik Indonesia

Jurusan ini mengharuskan Anda untuk memahami sistem politik yang berlaku di negara kita. Untuk lebih memahami tentang pemerintahan, Anda perlu mengetahui apa itu sistem politik yang dominan.

  • Administrasi Pemerintah Daerah

Administrasi negara dimulai dengan administrasi daerah. Otomatis kamu juga harus belajar seperti apa pemerintah daerah di Indonesia.

  • Teori Administrasi Negara

Kuliah di jurusan Administrasi Negara tentu saja Anda harus membiasakan diri dengan teori administrasi negara. Anda harus terlebih dahulu mengetahui dasar-dasar Administrasi Negara.

  • Hukum Administrasi Negara

Anda juga perlu memahami undang-undang negara bagian atau peraturan administrasi. Jika Anda memahami Hukum Administrasi Negara, Anda dapat memahami lebih banyak tentang pengetahuan ini.

  • Administrasi Keuangan

Negara yang baik memiliki manajemen keuangan yang baik. Anda mempelajari manajemen keuangan sebagai prasyarat untuk menjalankan manajemen keuangan negara.

  • Administrasi Perpajakan

Mempelajari Ilmu Administrasi memang tidak bisa jauh dari mata pelajaran pajak. Anda harus secara otomatis mempelajari manajemen pajak karena negara kita tidak dapat hidup tanpa sistem pajak.

  • Administrasi Pembangunan

Selain administrasi keuangan, Anda juga akan mengenal manajemen pembangunan. Seperti yang kita ketahui, suatu negara tidak dapat dikeluarkan dari proses pembangunan untuk berkembang.

  • Organisasi dan Manajemen

Untuk mempelajari Administrasi Negara Anda secara otomatis harus belajar tentang organisasi dan manajemen. Anda akan mengenal struktur organisasi dan ilmu manajemen yang diterapkan dalam organisasi.

  • Perencanan Pembangunan

Suatu negara dapat tumbuh dengan baik jika memiliki rencana pembangunan yang matang. Di departemen ini Anda mempelajari mata kuliah perencanaan pembangunan untuk terlibat langsung dalam proses pembangunan negara di masa depan.

Itulah 10 mata kuliah jurusan Administrasi Negara yang perlu Anda tahu. Pastikan Anda sudah paham bahwa mata kuliah ini harus Anda pelajari sebelum memilih jurusan tersebut. Berikut adalah alasan mengambil jurusan Administrasi Negara.

Alasan yang Menarik Memilih Jurusan Administrasi Negara

Masih bingung mau ambil jurusan apa? Jurusan Administrasi Negara juga bagus. Jika Anda sudah mempertimbangkan jurusan ini, sekarang saatnya untuk memastikan pilihan Anda. Ada banyak alasan mengapa gelar ini mungkin menjadi pilihan yang tepat untuk Anda.

Tidak seperti jurusan Administrasi Niaga, yang berfokus pada pengelolaan bisnis, administrasi negara/publik berfokus pada pengelolaan badan publik atau negara. Konsep dan pengetahuan administrasi diterjemahkan ke dalam kegiatan yang bermanfaat bagi warga negara.

Bagi Anda yang masih belum yakin apakah jurusan ini cocok untuk Anda atau tidak, berikut beberapa alasan mengapa mungkin menarik untuk memilih jurusan ini.

  • Kuliah Seru dan Belajar Banyak Ilmu

Bahkan jika Anda seorang jurusan ilmu sosial, Anda akan belajar banyak hal jika Anda memilih jurusan ini. Selain fokus mempelajari Ilmu Administrasi Negara, Anda juga akan belajar tentang tata kelola, manajemen, statistik, dan banyak informasi lainnya. Untuk menyelesaikan pelatihan dalam kursus ini, Anda harus menyelesaikan sekitar 8 semester.

Maka Anda tidak perlu bingung ketika menyebutkan jurusan itu, oke? Apakah administrasi negara atau administrasi publik, kedua nama merujuk pada hal yang sama. Pada awalnya departemen ini disebut administrasi negara, tetapi kemudian Kementerian Pendidikan mengeluarkan keputusan yang mengubah departemen ini menjadi administrasi publik.

  • Prospek Kerja Sangat Luas

Poin kedua ini pasti akan sangat menyenangkan Anda. Ketika Anda memutuskan jurusan, Anda harus berpikir, “Apa yang akan Anda pelajari selanjutnya, ya?”

Nah, di jurusan ini, Anda tidak perlu heran. Peluang karir lulusan administrasi publik sangat beragam. Anda dapat bekerja untuk sektor swasta atau negeri. Anda bisa menjadi pegawai negeri, politisi, dosen, peneliti atau administrator. Bagi Anda yang memiliki kemampuan menulis, Anda juga bisa menjadi seorang editor. Jika Anda lebih menyukai kegiatan yang berdampak langsung pada masyarakat, Anda bisa bekerja di LSM. Bahkan, lulusan administrasi publik juga bisa bekerja di industri keuangan seperti perbankan.

Karena Anda belajar banyak di perguruan tinggi, Anda dapat memilih jalur karier yang sesuai dengan minat Anda. Anda tidak perlu khawatir mencari pekerjaan dengan gelar sarjana administrasi publik akan sulit.

  • Berpotensi Memegang Peran Penting di Pemenerintah

Poin ketiga ini berkaitan dengan poin sebelumnya. Di jurusan ini kamu akan belajar banyak hal tentang pemerintahan. Oleh karena itu, Anda juga memiliki kemungkinan untuk memainkan peran penting dalam penyelenggaraan negara.

Jalur karir yang bisa Anda tempuh di masa depan antara lain menjabat sebagai anggota Kabinet Presiden, menjadi Komisaris Polisi dan bekerja untuk di Perserikatan Bangsa-Bangsa.

  • Mengembangkan Public Speaking Skill

Jurusan ini juga dapat mengembangkan keterampilan berbicara di depan umum. Anda sering berhubungan dengan orang-orang dari latar belakang yang berbeda. Studi atau tugas akhir Anda juga memiliki hubungan dengan publik atau masyarakat umum.

Karena Anda sering berurusan dengan orang-orang dengan kepribadian berbeda, retorika Anda secara tidak langsung dipertajam. Keterampilan ini kemudian menjadi salah satu yang terpenting dalam kehidupan profesional.

  • Terlibat dan Terjun Langsung dalam Masyarakat

Bagi Anda yang memang ingin terjun langsung ke masyarakat, kursus ini adalah pilihan yang tepat. Keterampilan sosial Anda akan sangat berguna ketika Anda menyelesaikan jurusan ini.

Selama studi Anda, Anda akan terlibat dalam banyak kegiatan sosial. Anda juga bisa langsung menyelidiki masalah masyarakat.

  • Terlatih Berpikir Kritis dan Logis

Pertanyaan terkait penyelenggaraan negara atau masyarakat umum selalu kompleks. Nantinya di perguruan tinggi kamu juga akan ditantang untuk mencari solusi dari permasalahan di masyarakat. Ini membutuhkan pemikiran kritis dan logis. Anda harus tahu bahwa salah satu keterampilan yang harus ditingkatkan ketika mempelajari tata kelola adalah kemampuan berpikir strategis.

Contoh Judul Skripsi Jurusan Administrasi Negara

Berikut ini contoh judul skripsi Jurusan Administrasi Negara yang bisa menjadi referensi untuk Anda.

  • Efektivitas Pelaksanaan Kampung KB di Kota malang
  • Peranan Inspekrorat Dalam Pelaksanaan Pengawasan Otonomi Daerah Di Provinsu X Ditinjau Dari Parspektik Hukum Administrasi Negara
  • Prosedur Penebangan Pohon Pada Dinas Pertamanan Kota X Ditinjau Dari Hukum Administrasi Negara
  • Tinjauan Pelaksanaan Pendafataran Tanah Terhadap Terwujudnya Catur Tertib Pertanahan Di Kota X
  • Tinjauan Hukum Administrasi Negara Terhadap Kewenangan Badan Permusyawarahan Desa Dalam Sistem Pemerintahan Desa
  • Evaluasi Kebijakan Revitalisasi Pasar Tradisional Terhadap Aksesibilitas Pedagang dan Pembeli
  • Impelementasi Peraturan Menteri Dalam Negeri No. 27 Tahun 2009 Tentang Pedoman Penetapan Izin Gangguan Di Daerah Ditinjau Dari Perspektif Hukum Administrasi Negara.

Prospek Kerja

Pilihan karir untuk jurusan administrasi Negara sangat bervariasi. Untuk itu, sebaiknya temukan passion Anda selama proses perkuliahan agar bisa memilih profesi yang sesuai dengan bidang Anda. Lulusan mata kuliah Administrasi Negara dapat bekerja di otoritas publik, perusahaan swasta atau mendirikan perusahaan independen bahkan menyumbangkan ilmunya langsung ke dunia politik. Berikut beberapa prospek kerja yang bisa digeluti oleh sarjana administrasi publik yaitu: Aktivis, politisi, profesional, peneliti, dosen, jurnalis, dan penasihat pemerintah.

Demikian Penjelasan diatas mengenai Jurusan Administrasi Negara, Semoga artikel diatas bisa memberi informasi untuk Anda yang akan mengambil jurusan Administrasi Negara. Apabila Anda ingin mengetahui artikl lebih lanjut Anda bisa mengunjungi akun media sosial tugaskerjain.

Ingin Kuliah Jurusan Pendidikan Matematika? Ketahui Informasi Lengkapnya, yuk!

Apakah kalian seseorang yang gemar berhitung, menyukai teka-teki, atau problem solving? Jika iya, Jurusan Pendidikan Matematika cocok nih buat kalian.  Memang, matematika telah menjadi momok yang mengerikan bagi banyak siswa. Mata pelajaran ini membutuhkan perhitungan yang tepat dalam pengerjaannya.

Tak heran, kalau Jurusan Pendidikan Matematika kurang diminati di jenjang perguruan tinggi. Anggapan bahwa matematika itu rumit dan membuat frustrasi mungkin menjadi alasan kebanyakan siswa tidak memilihnya. Tapi benarkah Jurusan Pendidikan Matematika akan sama sulitnya dengan belajar ilmu murni selama di SMA?

Bagaimana jika kalian menyukai matematika dan memiliki passion mengajar tetapi tidak yakin dengan kemampuan yang kalian miliki? Apakah Jurusan Pendidikan Matematika masih tepat untuk kalian? Daripada bingung, yuk cari tahu informasi lebih lanjut mengenai Jurusan Pendidikan Matematika.

Deskripsi Jurusan Pendidikan Matematika

Sebelum mengupas lebih dalam mengenai program studi pendidikan matematika, kita ketahui dulu yuk gambaran singkat dari jurusan tersebut agar kalian bisa lebih mudah memahami penjelasan selanjutnya.

Pendidikan matematika adalah ilmu yang mempelajari teori matematika dasar, seperti aljabar, geometri, statistika, analisis, matematika diskrit, dan lain-lain. Nah yang membedakan jurusan ini dengan ilmu murni adalah kalian akan dibekali dengan keterampilan yang berkaitan dengan bagaimana cara menyampaikan pelajaran matematika kepada peserta didik dengan cara yang menyenangkan dan mudah dipahami.

Pokoknya, jurusan ini cocok banget deh, buat kalian yang menyukai matematika tetapi juga memiliki passion mengajar. Untuk informasi lebih lanjut mengenai apa saja yang dipelajari di Jurusan Pendidikan Matematika ini, kalian bisa simak penjelasan berikut, ya.

Mata Kuliah Jurusan Pendidikan Matematika

  1. Belajar dan Pembelajaran Matematika
  2. Evaluasi Pembelajaran Matematika
  3. Telaah Kurikulum dan Pembelajaran Matematika
  4. Media Pembelajaran Matematika
  5. Kalkulus Diferensial
  6. Teori Bilangan
  7. Geometri Analitik
  8. Matematika Diskrit
  9. Metode Numerik
  10. Program Linier
  11. Fungsi Variabel Kompleks
  12. Statistika Deskriptif Teoritis
  13. Analisis Real

Jadi, selama 8 semester atau 4 tahun kuliah, kalian tidak hanya belajar ilmu matematika saja ya, tetapi kalian juga akan belajar bagaimana mengajarkan matematika kepada siswa dengan cara yang mudah dipahami dan dicerna.

Kalian harus kreatif agar suasana pembelajaran matematika di kelas menjadi menyenangkan dan tidak lagi dianggap menakutkan. Untuk mengasah keterampilan mengajar, kalian akan mengikuti Program Pengalaman Lapangan. Melalui program ini, kalian bisa praktik langsung mengajar siswa di sekolah dalam jangka waktu tertentu. Menyenangkan, bukan?

Gimana? Cukup banyak ya, mata kuliah yang harus kalian selesaikan di jurusan ini. Bisa dibayangkan akan ada berapa banyak tugas yang diberikan untuk menguji kemampuan kalian dalam setiap mata kuliah tersebut. Biasanya, salah satu tugasnya yaitu membuat sebuah artikel.

Lalu, judul artikel apa yang akan kalian gunakan? Pasti bingung kan, menentukan judul yang tepat untuk artikel nantinya. Namun jangan khawatir, berikut beberapa contoh judul artikel jurnal pendidikan matematika yang bisa kalian jadikan referensi.

Contoh Judul Artikel Pendidikan Matematika

  1. Kemampuan berpikir kreatif matematis dan pembelajaran matematika berbasis masalah Open-Ended.
  2. Meningkatkan kemampuan penalaran dan prestasi matematika dengan pendekatan konstruktivisme pada siswa sekolah menengah atas.
  3. Pengembangan soal matematika model PISA pada konten quantity untuk mengukur kemampuan penalaran matematis siswa sekolah menengah pertama.
  4. Proses Berpikir Siswa Sekolah Menengah Pertama dalam Memecahkan Masalah Matematika Berdasarkan Langkah-Langkah Polya Ditinjau dari Adversity Quotient.
  5. Pengembangan media website pembelajaran materi program linear untuk siswa sekolah menengah atas.
  6. Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMP Melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI).
  7. Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Penalaran Dan Komunikasi Matematis Siswa Smp Dalam Matematika.
  8. Pengembangan Materi Pembelajaran Bilangan Berdasarkan Pendidikan Matematika Realistik Untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar.
  9. Bahan Ajar Kesebangunan Dan Simetri Berbasis Contextual Teaching And Learning (CTL) Menggunakan Macromedia Flash Di Kelas 5 Sekolah Dasar.
  10. Pengembangan Soal Model Pisa Pada Konten Change and Relationship Untuk Mengetahui Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama.

Tugas kalian bukan hanya membuat artikel saja, ya. Tentunya masih banyak tugas lain yang harus kalian selesaikan untuk memenuhi nilai di setiap mata kuliah yang kalian ambil. Namun, sekarang ini sudah banyak yang membuka jasa pengerjaan tugas pendidikan matematika yang akan membantu kalian. Tapi ingat akan tanggung jawab kalian sebagai mahasiswa untuk menyelesaikan tugas sebisa mungkin, ya.

Dalam menempuh pendidikan di Jurusan Pendidikan Matematika, kalian memerlukan waktu 4 tahun sebelum mendapatkan gelar Sarjana Pendidikan atau S.Pd. Untuk bisa menyandang gelar tersebut, tentunya kalian harus menyelesaikan tugas akhir terlebih dahulu. Sudah tahukan, tugas akhir yang dimaksud seperti apa? Ya, skripsi.

Kalian harus membuat skripsi sebagai bukti bahwa kalian memang layak untuk lulus. Berikut ini adalah beberapa contoh judul skripsi jurusan pendidikan matematika yang bisa kalian jadikan sebagai referensi.

Contoh Judul Skripsi Pendidikan Matematika

  1. Analisis Kualitas Layanan Website Terhadap Persepsi Pengguna Menggunakan Metode Webqual Dan Servqual.
  2. Penjadwalan Mata Pelajaran Sekolah Menengah Pertama Menggunakan Algoritma Tabu Search.
  3. Penerapan Desain Interaksi Pada Perancangan Kalkulator Sederhana untuk Tunanetra.
  4. Perluasan Teorema Titik Tetap Banach Pada Ruang Metrik Parsial.
  5. Penerapan Konsep Pendidikan Humanistik dalam Film La Vie Scolaire Karya Grand Corps Malade.
  6. Aplikasi Metode Matematika EOQ Multi Item Pada PT. Jaya Kertas Kertosono.
  7. Perbandingan Metode Stepwise Dan Ridge Regression Dalam Menentukan Model Regresi Berganda Terbaik Pada Kasus Multikolinieritas.
  8. Implementasi Algoritma Genetika Untuk Penjadwalan Mata Pelajaran (Studi Kasus: SMP Negeri 1 Sukomoro).
  9. Rancang Bangun Game Power Egg Sebagai Media Belajar Berhitung Dan Gerak Interaktif Menggunakan Microsoft Kinect.
  10. Penggunaan Technology Acceptance Model Untuk Mengidentifikasi Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Penggunaan Sistem Informasi Pengelolaan Keuangan Pada Pegawai Di Perguruan Tinggi.

Itulah beberapa contoh judul skripsi pendidikan matematika yang bisa kalian jadikan referensi untuk menyelesaikan tugas akhir. Setelah lulus, kebanyakan orang pastinya ingin langsung bekerja, bukan. Lantas, lulusan jurusan pendidikan matematika kerja apa, ya? Untuk mengetahui lebih lanjut, kalian bisa menyimak penjelasan berikut.

Prospek Kerja Jurusan Pendidikan Matematika

1. Akademisi

Lulusan Fakultas Pendidikan Matematika dipersiapkan untuk menjadi guru atau pengajar matematika di tingkat SMP atau SMA. Selain itu, kalian juga bisa menjadi pengusaha handal di bidang pendidikan, seperti membuka bimbngan belajar, les atau privat matematika sebagai alternatif bagi siswa di luar sekolah.

2. Aktuaris

Seorang aktuaris akan menggunakan statistik untuk menentukan kemungkinan terjadinya peristiwa tertentu. Selain itu, mereka akan berusaha meminimalkan risiko yang terkait dengan peristiwa tersebut.

Aktuaris sering bekerja di industri asuransi, di mana mereka akan membantu perusahaan merancang kebijakan dan menetapkan pembayaran premi. Pendidikan matematika adalah salah satu jurusan yang memungkinkan Anda bekerja sebagai aktuaris.

3. Ahli Statistika

Jika diartikan secara sederhana, ahli statistik bekerja dengan mengumpulkan data yang memungkinkan pemerintah, bisnis, dan universitas menjawab pertanyaan tertentu. Ahli statistik akan menggunakan teknik matematika untuk memutuskan metode mana yang akan digunakan dan bagaimana memecahkan masalah saat ini.

Mereka juga bertanggung jawab untuk merancang survei, tes, dan jajak pendapat untuk menganalisis lebih lanjut data yang telah dikumpulkan. Pendidikan di bidang statistik atau matematika diperlukan untuk melakukan kegiatan profesional tersebut.

4. Financial Planner

Menjadi penasihat keuangan memungkinkan Anda membantu merencanakan tujuan keuangan jangka pendek dan jangka panjang seseorang atau bisnis. Penasihat keuangan akan merencanakan tabungan, biaya kuliah di masa depan, pensiun, investasi yang akan dilakukan, asuransi, dan pajak. Untuk itu, seorang penasihat keuangan butuh kemampuan matematika yang baik, ya.

Setelah membaca beberapa penjelasan di atas, apakah kalian tertarik ingin masuk Jurusan Pendidikan Matematika? Lantas, kampus mana nih yang menjadi tujuan kalian? Agar tidak bingung, kalian bisa menyimak daftar kampus Jurusan Pendidikan Matematika terbaik di Indonesia berikut ini, ya.

Daftar Kampus Jurusan Pendidikan Matematika

Belum lama ini, Times Higher Education menerbitkan peringkat universitas terbaik di kawasan Asia (THE Asia University Rankings/AUR). Pemeringkatan ini juga merinci universitas terbaik di setiap negara untuk jurusan tertentu.

Berikut beberapa kampus negeri dan swasta di Indonesia yang memiliki jurusan matematika dan statistik terbaik. Bagi kalian yang ingin menekuni jurusan ini pada penerimaan perguruan tinggi tahun depan, peringkat ini bisa jadi rujukan.

  1. Universitas Indonesia (UI): peringkat 201-250 THE AUR
  2.  Institut Teknologi Bandung (ITB): peringkat 301-350 THE AUR
  3. Universitas Pendidikan Indonesia (UPI): peringkat 351-400 THE AUR
  4. Universitas Airlangga (Unair): peringkat 401-500 THE AUR
  5. Universitas Gadjah Mada (UGM): peringkat 401-500 THE AUR
  6. IPB University: peringkat 401-500 THE AUR
  7. Universitas Sebelas Maret (UNS): peringkat 401-500 THE AUR
  8. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS): peringkat 401-500 THE AUR
  9. Binus University: peringkat 501+ THE AUR
  10. Universitas Brawijaya (UB): peringkat 501+ THE AUR
  11. Universitas Diponegoro (Undip): peringkat 501+ THE AUR
  12. Universitas Padjadjaran (Unpad): peringkat 501+ THE AUR

Nah, itulah seluk beluk mengenai Jurusan Pendidikan Matematika. Ternyata program studi ini tidak sesulit yang kalian bayangkan, kok. Jadi jangan ragu lagi, ya.

Apabila kalian membutuhkan jasa pembuatan tugas dan bingung bagaimana alur pemesanannya, kalian bisa mengunjungi halaman kerjain atau langsung order dengan klik tautan berikut: Tugas Kerjain