Apa Sih Konsentrasi Jurusan Manajemen Operasional Itu? Kepoin, Yuk!

Dalam kegiatan sehari-hari, pastinya manusia tidak akan bisa lepas dengan yang namanya manajemen. Mulai dari manajemen waktu, manajemen tenaga, manajemen keuangan, manajemen kegiatan, dan manajemen-manajemen lainnya yang tanpa disadari sering dilakukan manusia.

Namun, apa sih manajemen itu? Manajemen bisa diartikan sebagai kegiatan mengatur atau mengelola. Sesuatu yang menjadi objek manajemen sendiri bisa berbagai macam, entah benda, manusia, waktu, dan lain-lain.

Manajemen tidak hanya digunakan oleh manusia dalam hal sederhana, tetapi juga digunakan dalam hal kompleks seperti dalam perusahaan. Suatu perusahaan, entah perusahaan besar maupun perusahaan kecil, pasti memerlukan manajemen yang tepat agar dapat mengembangkan bisnis mereka sehingga tujuan utama mereka dapat tercapai.

Perusahaan-perusahaan tersebut pastinya membutuhkan orang-orang berkompeten agar peningkatan efisiensi perusahaan terjadi dengan signifikan. Misalnya saja dalam melakukan manajemen operasional pada produksi barang. Maka dari itu, perusahaan tersebut membutuhkan seseorang yang mengambil kuliah jurusan Manajemen Operasional.

Apa kalian masih asing dengan konsentrasi manajemen operasional? Jika iya, mari ulas bersama Kerjain mengenai manajemen operasional berikut ini!

Apa Itu Jurusan Manajemen?

Sebelum mengenal jurusan Manajemen dan konsenstrasinya, perlu bagi kalian mengetahui arti kata manajemen itu sendiri. Pengertian manajemen adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh subjek dalam mengatur objek entah dalam bentuk kegiatan, individu, kelompok, data, dan lain-lain. Bisa dikatakan jika manajemen adalah suatu kemampuan yang digunakan untuk mengatur berbagai hal dengan menargetkan tujuan awal yang sudah ditentukan.

Sedangkan deskripsi jurusan Manajemen adalah jurusan yang fokus pembelajarannya pada bagaimana cara pengelolaan dalam suatu perusahaan atau organisasi. Jurusan ini termasuk dalam bidang bisnis dan ekonomi, hanya saja lebih dititikberatkan pada kegiatan mengelola, merencanakan, dan manajemen proses pada perusahaan. Jika dilihat dari definisi manajemen sebelumnya, maka pastinya jurusan ini tidak akan jauh-jauh dari kegiatan mengelola.

Jadi, apa yang dipelajari di jurusan Manajemen? Ada banyak sekali mata kuliah yang diajarkan dalam jurusan ini. Kerjain sudah mengumpulkan sepuluh matkul jurusan Manajemen. Berikut daftar mata kuliah jurusan Manajemen, di antaranya:

  1. Pengantar ekonomi makro
  2. Pengantar bisnis
  3. Manajemen keuangan
  4. Manajemen pemasaran
  5. Akuntansi biaya
  6. Manajemen operasional
  7. Manajemen database
  8. Studi kelayakan bisnis
  9. Hubungan industrial
  10. Rencana bisnis

Dalam jurusan Manajemen sendiri, terdapat beberapa konsentrasi jurusan yang perlu kalian ketahui. Konsentrasi jurusan tersebut di antaranya adalah manajemen bisnis, manajemen keuangan, manajemen perbankan, manajemen pemasaran, manajemen SDM, dan manajemen operasional yang akan Kerjain bahas bersama.

Nah, mungkin bagi kalian yang tertarik dengan jurusan ini akan menanyakan “jurusan Manajemen ada di universitas mana saja sih?”. Ada banyak sekali universitas yang mengasuh jurusan Manajemen sebagai salah satu program studi yang diajarkan, universitas-universitas tersebut di antaranya seperti Universitas Airlangga, Institut Teknologi Bandung, Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, dan masih banyak lagi lainnya.

Apa Itu Manajemen Operasional?

Secara umum, definisi manajemen operasional dalam dunia perkuliahan adalah salah satu konsentrasi pada jurusan Manajemen. Akan tetapi, apa yang membedakan antara konsentrasi manajemen operasional dengan konsentrasi pada jurusan Manajemen? Mari kita lihat berdasar definisi menurut para ahli mengenai manajemen operasional.

Terdapat beberapa definisi manajemen operasional menurut para ahli. Berikut ini Kerjain sudah mengumpulkan tiga definisi tersebut, di antaranya:

  1. Soentoro Ali Idris

Manajemen operasional adalah pengembangan dari konsep manajemen produksi yang masih berhubungan dengan produksi produk riil.

  1. Pangestu Subagyo

Manajemen operasional merupakan suatu penerapan ilmu guna mengelola proses produksi atau operasi sehingga dapat dilakukan dengan efisien.

  1. Heizer dan Render

Manajemen operasi (operations management) ialah suatu kegiatan yang dapat membuahkan value dalam bentuk barang dan jasa dengan cara mengelola sumber daya menjadi output.

Ringkasnya, manajemen operasional berfokus dalam mempelajari kualitas sumber daya/produksi, seperti logistik, proyek, dan lain-lain mengenai operasi perusahaan. Tujuan manajemen operasional sendiri adalah untuk meningkatkan efisiensi perusahaan, mengembangkan produktivitas perusahaan, meningkatkan mutu perusahaan, dan lain-lain yang berkaitan dengan manajemen sumber daya perusahaan.

Mungkin kalian bingung, apa alasan memilih jurusan manajemen operasional. Setelah membaca penjelasan yang sudah diulas sebelumnya, dengan keahlian yang dimiliki dari manajemen operasional, kalian akan dibutuhkan oleh berbagai sektor bisnis baik publik maupun swasta. Ada banyak bidang yang membutuhkan keahlian manajemen operasional dalam perusahaan, misalnya saja bidang logistik, kesehatan, manufaktur, industri, dan bidang-bidang lainnya.

Contoh Judul Skripsi Manajemen Operasional

Apabila kalian kuliah jurusan Manajemen, maka kalian harus mempersiapkan diri kalian dengan tugas skripsi yang akan kalian temui di semester akhir. Tidak sedikit mahasiswa yang mengalami kendala dalam memenuhi tugas skripsinya, mulai dari pemilihan judul, objek, dan lain-lain yang dirasa kurang pas oleh dosen pembimbing.

Namun, kalian tidak perlu khawatir karena kalian dapat menggunakan jasa bimbingan skripsi jurusan Manajemen atau menggunakan referensi pada internet. Bagi kalian yang penasaran dengan skripsi jurusan Manajemen, kerjain sudah menuliskan contoh judul skripsi jurusan Manajemen Operasional, sepuluh di antaranya:

  1. Studi Evaluasi Tarif Bus Kota Damri Patas Ac Surabaya Berdasarkan Bok Trayek Purabaya-Darmo-Indrapura-Perak.
  2. Studi Evaluasi Tarif Bus Kota Damri Patas Ekonomi Surabaya Berdasarkan Bok Trayek Purabaya – Dupak – Perak.
  3. Hubungan Pelatihan Dengan Kinerja Karyawan Pada PT. BCA, Tbk. Cabang Pembantu Kepanjen Malang.
  4. Manajemen Media Penyiaran Radio Komunitas (Studi Kasus pada Radio Dakwah Islamiyah 100,5 FM Malang).
  5. Penerapan Metode QFD (Quality Function Deployment) dalam Peningkatan Kualitas Pelayanan pada Bengkel Yamaha Cahaya Motor Tulungagung.
  6. Analisis Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Loyalitas Konsumen Melalui Kepuasan Konsumen Produk Makanan Kuiken di Malang.
  7. Pengaruh Consumer Knowledge, Brand Image dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian pada PT. Ramayana Lestari Sentosa, Tbk.
  8. Pengaruh Kompensasi Finansial Terhadap Prestasi Kerja Karyawan CV. Rozidar Utama Malang (Studi Kasus: pada CV. Rozidar Utama Malang).
  9. Analisis Efektivitas dan Efisiensi Atas Penerapan Sistem Online Payment Point Pos (Soppos) pada PT. Pos Indonesia (Persero) (Studi Kasus pada PT. Pos Indonesia Persero Cabang Sumbermanjing Kulon Kabupaten Malang).
  10. Pengaruh Faktor Makro Ekonomi dan Karakteristik Bank Terhadap Profitabilitas Bank Syariah.

Jika kalian mau, kalian dapat mencari judul skripsi lain sesuai dengan minat kalian di internet. Misalnya saja dengan mengunjungi website SkripsiYuk.com yang telah mengumpulkan puluhan hingga ratusan contoh judul skripsi.

Saat ini kebanyakan universitas menyarankan skripsi yang dibuat dikonversi menjadi bentuk artikel ilmiah. Hal ini bertujuan untuk menyebar luaskan hasil penelitian agar peneliti lain bisa menjadikannya sebagai referensi dalam menyusun karya ilmiah.

Apabila mengalami kesulitan dalam mengonversi skripsi menjadi artikel ilmiah, saat ini sudah banyak penyedia jasa konversi skripsi ke jurnal. Harga yang ditawarkan pun beragam sesuai dengan tingkat kesulitan dan jurnal yang dituju.

Prospek Kerja

Mungkin di antara kalian terdapat beberapa orang yang masih belum mengetahui peluang kerja manajemen yang bisa didapat oleh mahasiswa prodi Manajemen setelah lulus. Ada banyak peluang yang bisa didapatkan dengan mengambil jurusan tersebut jika dilihat dari banyaknya bidang yang membutuhkan manajemen operasional.

Jadi, jurusan Manajemen kerja apa? Ada beberapa profesi yang bisa kalian geluti sebagai lulusan prodi ini. Berikut Kerjain sudah merangkum prospek kerja Manajemen Operasional:

  1. Manajer umum dan operasional
  2. Akuntan
  3. Konsultan bisnis
  4. Entrepreneur
  5. Manajer keuangan

Jika kalian menggeluti dengan niat dan usaha yang bersungguh-sungguh, bukan tidak mungkin kalian dapat masuk pada perusahaan besar. Selain itu, bukan tidak mungkin jika kalian bisa mendapatkan gaji dengan jumlah di atas UMR kota kalian. Maka dari itu, fokuskan diri kalian dan pilihlah universitas terbaik dengan akreditasi yang baik atau unggul.

Itu tadi adalah artikel singkat mengenai jurusan Manajemen dengan konsenstrasi manajemen Operasional. Jika kalian tertarik dengan jurusan yang lain, silakan kunjungi profil website Kerjain atau kunjungi instagram Kerjain untuk jasa pembuatan tugas kuliah.

Ingin Kuliah Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini? Cari Tahu Info Lengkapnya, yuk!

Kalian suka dengan anak kecil dan ingin jadi guru? Nah, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini ini adalah pilihan yang tepat buat kalian. Jurusan ini akan membantu kalian memahami dunia anak-anak dengan lebih spesifik lagi. Jadi, kalian bukan hanya sekedar memahami kondisi fisik anak, tetapi juga akan mempelajari kondisi mental dari masing-masing anak.

Program studi Pendidikan Anak Usia Dini memang terlihat gampang. Namun kenyataannya tidak seperti itu, ya. Saat berkuliah di jurusan ini, kalian dituntut untuk bisa menguasai berbagai bidang seperti ilmu gizi hingga psikologi anak. Sangat tidak mudah, bukan?

Tanpa berlama-lama lagi, langsung kita bahas detailnya saja yuk, agar kalian bisa lebih paham dengan jurusan yang satu ini.

Apa itu Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini?

Sebelum mengupas lebih dalam mengenai Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, kita ketahui dulu yuk, definisi dari jurusan tersebut agar kalian bisa lebih mudah memahami penjelasan selanjutnya.

Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) adalah suatu program studi yang bertujuan mempersiapkan mahasiswa untuk menjadi pendidik dan konselor bagi anak di usia dini atau pra sekolah. Untuk menjadi guru PAUD, kalian harus memahami dan menguasai pola perkembangan fisik dan psikis anak usia dini. Tentunya, kalian juga harus bisa menjadi pendidik profesional yang berwawasan luas setelah lulus nanti.

Melalui jurusan ini, kalian akan belajar banyak tentang cara membimbing dan mendidik anak prasekolah dengan benar. Intinya, di masa perkuliahannya kalian akan mempelajari perkembangan fisik dan psikologi anak. Untuk memahaminya lebih lanjut, kalian bisa simak penjelasan mengenai materi kuliah yang dipelari di Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini berikut ini, ya.

Mata Kuliah Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini

Jika kalian memutuskan untuk mengambil Jurusan PAUD, kalian akan menemui beberapa mata kuliah sebagai berikut:

  1. Pendidikan Kewarganegaraan
  2. Ilmu Sosial Budaya Dasar
  3. Psikologi Perkembangan Anak Usia 0-3 tahun
  4. Pendidikan Bahasa Indonesia
  5. Strategi Pengambangan Kognitif
  6. Ilmu Alamiah Dasar
  7. Filsafat PAUD
  8. Psikologi Perkembangan Anak Usia 7-8 tahun
  9. Belajar Pembelajaran
  10. Psikologi Perkembangan Anak Usia 4-6 tahun
  11. Deteksi Dini Tumbuh Kembang Anak
  12. Bermain dan Permainan
  13. Pengantar Pendidikan
  14. Strategi Pengembangan Moral dan Afeksi

Tentunya, selain materi kuliah yang berkaitan langsung dengan pendidikan anak usia dini, kalian juga akan mendapatkan materi kuliah dari berbagai bidang yang dibutuhkan untuk menunjang proses pendidikan.

Materi yang akan sangat membantu tumbuh kembang anak adalah Perkembangan Kemampuan Sosial dan Emosi Anak, Pengembangan Nilai dan Moral Anak, Pendidikan Inklusif Anak, dan lain sebagainya. Sedangkan materi kuliah yang berkaitan dengan dunia bermain adalah Bermain dan Permainan, Kreativitas dan Keberbakatan, serta Alat Permainan Edukatif.

Banyak juga ya, mata kuliah yang harus kalian selesaikan di jurusan ini. Bisa dibayangkan akan ada berapa banyak tugas yang diberikan untuk menguji kemampuan kalian dalam setiap mata kuliah tersebut.

Namun, sekarang ini sudah banyak yang membuka jasa pengerjaan tugas kuliah Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini yang akan membantu kalian. Tapi ingat akan tanggung jawab kalian sebagai mahasiswa untuk menyelesaikan tugas sebisa mungkin, ya.

Sebuah informasi nih buat kalian. Biasanya, salah satu tugas yang diberikan yaitu membuat sebuah jurnal, baik itu jurnal sinta 1,2,3,4, ataupun 5. Agar tidak kebingungan, berikut referensi jurnal Pendidikan Anak Usia Dini yang bisa kalian gunakan.

Daftar Jurnal Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini

  1. Improving Prosocial Ability in Early Age Children to Become A Personal who is Able to Adapt and Well Associalized
  2. Peer Social Interaction Analysis in Early Childhood Play Activities in Kindergarten
  3. Increasing Children’s Empowerment through Daily Work Habits at Home (Chores) for Optimizing Child Growth and Development
  4. Padang State University Early Childhood Teacher Education Program International Class: Preparing Global Competitive Teacher Candidates
  5. Analysis of Social Emotional Development in Infants Based on Psychological Studies
  6. The Potentials of Children’s Stories as A Reinforcement of The Nation’s Character Education
  7. The Effectiveness of BDR (Learning From Home) in Improving Mathematic Thinking Ability through Open Ended Method in Early Chilhood Education
  8. Early Childhood Physical, Cognitive, Socio-Emotional Development
  9. Urgency Living Values Education at Kindergarten Tiara Chandra Yogyakarta
  10. Efforts to Stimulate Entrepreneurship Character for Early Childhood through Innovative Learning Methods Based on Science, Technology, Engineering, Art, and Math (STEAM)

Itulah 10 daftar jurnal Pendidikan Anak Usia Dini yang bisa kalian jadikan referensi. Membuat jurnal memang bukanlah suatu hal yang mudah dilakukan. Namun, saat ini sudah banyak kok, jasa pembuatan jurnal Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini yang akan membantu kalian. Tentunya, kalian harus memastikan bahwa layanan jasa tersebut memiliki testimoni terpercaya untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, ya.

Dalam menempuh pendidikan di jurusan ini, kalian memerlukan waktu 4 tahun atau 8 semester sebelum mendapatkan gelar Sarjana Pendidikan atau S.Pd. Untuk bisa menyandang gelar tersebut, tentunya kalian harus menyelesaikan tugas akhir terlebih dahulu. Sudah tahukan, tugas akhir yang dimaksud seperti apa? Ya, skripsi.

Kalian harus membuat skripsi sebagai bukti bahwa kalian memang layak untuk lulus. Berikut ini adalah beberapa contoh judul skripsi Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini yang bisa kalian jadikan sebagai referensi.

Contoh Judul Skripsi Pendidikan Anak Usia Dini

  1. Penutupan Satuan Paud Berdasarkan Hasil Evaluasi Dan Monitoring Dinas Pendidikan Kota Malang (Studi Implementasi Pasal 18 Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 84 Tahun 2014 Tentang Satuan Pendirian Paud).
  2. Hubungan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dengan Perkembangan Anak Usia 3-4 Tahun di TK Riadhus Shalihin Kabupaten Tanah Laut Kalimantan Selatan.
  3. Implementasi Program Pengembangan Tenaga Pendidik Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) (Studi Implementasi Program Pendidikan Dan Pelatihan Berjenjang Dalam Meningkatkan Kualitas Paud Pada Desa Pendem, Kecamatan Junrejo, Kota Batu).
  4. Pengaruh Pendidikan Pengenalan Gender Metode Bercerita dan Bermain Peran terhadap Kemampuan Pemahaman Gender pada Anak Usia Dini.
  5. Hubungan Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Bentuk Kelompok Bermain Dengan Perkembangan Bahasa Anak Usia Pra Sekolah (4-6 Tahun) Di Desa Yosorati Kabupaten Jember.
  6. Taman Pendidikan Usia Dini Islam di Malang = Islamic Preschool in Malang.
  7. Perbedaan Perkembangan pada anak usia Pra Sekolah yang Ikut dan Tidak Ikut PAUD Di Posyandu Lili Desa Sumberwuluh Kecamatan Dawarblandong Kabupaten Mojokerto.
  8. Hubungan Pendidikan Anak Usia Dini Terhadap Perkembangan Kemandirian Anak Usia 3–5 Tahun Di Tk Muslimat Nu 21 Malang.
  9. Hubungan Tingkat Sosial Ekonomi Dengan Kejadian Pernikahan Usia Dini Pada Remaja Di Desa Parangargo Kecamatan Wagir Kabupaten Malang.
  10. Pengaruh Alat Permainan Edukatif (APE) Terhadap Perkembangan Motorik Anak Pada Pendidikan Anak Usia Dini (Studi Kasus Siswa Children Center Brawijaya Smart School Dan TK Sunan Giri Kota Malang).

Itulah beberapa contoh judul skripsi Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini yang bisa kalian jadikan referensi untuk menyelesaikan tugas akhir. Tentunya, kalian tidak ingin skripsi yang telah kalian kerjakan mendapatkan banyak revisi dari Dosen Pembimbing, bukan.

Nah agar hal itu tidak terjadi, kalian bisa menggunakan jasa pembuatan skripsi Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini. Sudah banyak kok yang membuka layanan jasa tersebut, jadi kalian tidak perlu khawatir lagi.

Setelah lulus nanti, kebanyakan orang pastinya ingin langsung bekerja, bukan. Lantas, Sarjana PAUD bisa berkarir di bidang apa saja? Untuk mengetahui lebih lanjut, kalian bisa menyimak penjelasan berikut.

Prospek Kerja Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini

1. Tutor Anak Usia Dini

Peluang kerja yang bisa dilakukan oleh lulusan PAUD adalah menjadi tutor untuk anak usia dini. Pekerjaan ini sering dikaitkan dengan memberikan edukasi kepada anak usia dini. Oleh karena itu, tugasnya hampir sama dengan guru PAUD.

2. Pekerja Sosial

Para pekerja sosial ini membantu anak-anak terlantar untuk mendapatkan pendidikan dan tempat tinggal yang nyaman. Untuk profesi ini, kalian tidak akan mendapatkan gaji, tetapi kalian akan mendapatkan lebih banyak pahala dan itu adalah pekerjaan yang mulia.

3. Konselor Anak

Selain bisa menjadi guru, kalian juga bisa menjadi konselor anak di sekolah, lho. Dengan pengalaman pendidikan, kalian dapat membimbing anak kecil untuk membentuk kepribadian mereka.

4. Pemilik Usaha Bidang Edukasi Anak Usia Dini

Peluang kerja lulusan PAUD selanjutnya adalah menjadi pemilik usaha di bidang pendidikan anak usia dini. Kalian bisa memberikan fasilitas pendidikan untuk anak kecil. Selain itu, kalian juga bisa membangun game edukasi yang diperuntukkan untuk anak-anak usia dini.

5. Pemilik Bisnis Taman Bermain Anak-Anak

Prospek pekerjaan selanjutnya adalah memiliki bisnis tempat bermain anak. Bisnis ini bisa menjadi peluang besar untuk dilakukan. Hampir seperti poin sebelumnya, peluang bisnis di bidang ini juga sangat menjanjikan. Untuk penghasilannya tergantung dari jumlah pelanggan yang datang ke tempat usaha kalian, ya.

Nah, setelah membaca beberapa penjelasan di atas, apakah kalian tertarik ingin masuk Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini? Lantas, kampus mana nih yang menjadi tujuan kalian? Agar tidak bingung, kalian bisa menyimak daftar kampus Jurusan PAUD berikut ini, ya.

Universitas Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini

1. Universitas Pendidikan Indonesia

Jurusan PAUD UPI merupakan bagian dari Fakultas Ilmu Pendidikan dan telah terakreditasi dengan nilai A sejak tahun 2017. Mata kuliah yang tersedia antara lain Psikologi Pendidikan, Bimbingan dan Konseling, Pedagogika, Konsep Dasar PAUD, sampai mata kuliah Bermain.

2. Universitas Sriwijaya

Kampus yang berlokasi di Palembang ini juga mendapatkan sertifikat A untuk jurusan PAUD pada tahun 2017. Mahasiswa di fakultas ini akan mempelajari Dasar PAUD, Pendidikan Seni Musik PAUD, sampai Pendidikan Seni Tari PAUD.

3. Universitas Negeri Jakarta

PAUD UNJ juga mendapatkan sertifikasi A pada tahun 2017. Selama semester pertama, kalian akan belajar tentang perkembangan anak usia 0 hingga 8 tahun, pengembangan karir PAUD dan gizi anak usia dini. Sedangkan untuk UTS, pilihan mata kuliahnya adalah IPA PAUD, Matematika PAUD, PAUD Seni, hingga Motorik PAUD.

4. Universitas Negeri Surabaya

Jurusan PAUD di universitas ini juga sudah terakreditasi A sejak tahun 2017. Beberapa mata kuliah yang ditawarkan adalah Pendidikan Jasmani Anak Usia Dini, Ortopedagogi, Mendongeng, Penulisan Naskah Anak Usia Dini, sampai Desain Grafis.

Nah, itulah penjelasan mengenai Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini yang bisa kami bagikan kepada kalian. Apabila ingin mengetahui informasi mengenai jurusan lain, kalian bisa mengunjungi halaman kerjain atau follow laman media sosial kami, ya: Kerjain